Beranda · Pendidikan · RPP · Pengetahuan Agama · Lainnya

Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid- Kali ini Belajarmengajar ingin memposting p;engetahuan agama mengenai fan Ilmu Shorof yang sering digunakan oleh anak-anak yang ingin memahami dan memperdalami Ilmu gramatika Arab. untuk lebih lengkapnya silahkan didownload aja pada link yang kami sediakan.
Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

A.Pengertian fiil tsulasi mujarod
Fi’il tsulatsi mujarrod ialah kalimat fi’il madzinya yang terdiri dari tiga huruf dan tidak ada  huruf tambahan. Contoh : نصر, ضرب  . Adapun fi’il tsulatsi mujarrod itu seluruhnya ada enam bab. Dan diantara tiap-tiap babnya dapat dibedakan dengan adanya harokat ‘ain fi’il yang ada pada fi’il madzi dan fi’il mudlori sebagaimana keterangan pada lafadz berikut ini :

Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

فتح ضم, فتح كسر, فتحتان, كسر فتح, ضم ضم, كسرتان” ”
1.    Macam-macam bab fiil tsulasi mujarod
فتح ضم .1     : ‘ain fi’il dibaca fathah pada fi’il madzi dan dibaca dlomah pada fi’il mudlori’, wazannya adalah فعَل يفعُل Contoh :
نصرزيندعمروا    =   Zaid telah menolong Amar
فتح كسر .2    : ‘ain fi’il dibaca fathah pada fi’il madzi dan dibaca kasroh pada fi’il mudlori’, wazannya adalah  فعَل يفعِلContoh :
 ضربت زيدا      =  Saya memukul Zaid
فتحتا ن .3     : ‘ain fi’il dibaca fathah pada fi’il madzi dan pada fi’il mudlori’, wazannya adalah فعَل يفعَل Contoh :
فتح زيد الباب    = Zaid membuka pintu
كسر فتح .4    : ‘ain fi’il dibaca kasroh pada fi’il madzi dan dibaca fathah pada fi’il mudlori’, wazannya adalah  فعِل يفعَلContoh :
علم زيد المسألة   = Zaid mengetahui masalah
ضم ضم .5    : ‘ain fi’il dibaca dlomah pada fi’il madzi dan pada fi’il mudlori’. Wazannya adalah فعُل يفعُل  contoh :
حسن زيد أخلاقا  = zaid akhlakny bagus
كسرتان .6     : ‘ain fi’il dibaca kasroh pada fi’il madzi dan pada fi’il mudlori’. Wazannya adalah فعِل يفعَل
Contoh : حسب زيدعمرالعالم  = zaid menyangka Amr orang yang pintar
Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid [DOWNLOAD]
B.Pengertian Fi’il Tsulatsi Mazid

Ada beberapa, bahkan banyak macam dan jenis fi’il salah satunya yaitu fi’il Tsulatsi Mazid yang akan kami terangkan. Fi’il tsulatsi mazid secara harfiah merupakan sebutan kata kerja (fi’il) yang yang terbentuk dari 3 huruf yang tersusun dan mendapatkan tambahan huruf lagi, tambahan ini mengacu pada lafal mazid yang dalam bahasa Indonesia berarti tambahan.

Interpretasi mengenai fi’il tsulatsi mazid banyak dikemukakan oleh para pengarang kitab, buku dan para ahli ilmu kebahasaan lainnya, kami mengambil beberapa pengertian yang telah beliau-beliau paparkan diantaranya yaitu bahwa, fi’il tsulatsi mazid adalah fi’il yang dalam shighot fi’il madhinya memuat 3 huruf asli dan juga huruf ziadah atau tambahan sehingga huruf penyusun kata (kerja) itu secara keseluruhan berjumlah lebih dari 3 huruf contoh kata : اجتمع  dan lain lain. Secara garis besarnya fi’il tsulatsi mazid terbagi menjadi tiga macam :
1. Ruba’i
2. Khumasi
3. Sudasi.
Tsulatsy mazid adalah kelompok kata kerja yang pada asalnya tersusun dari tiga huruf akan tetapi ditambahkan dengan satu, dua, sampai tiga huruf tambahan (ziyadah). Tsulatsy mazid adatiga jenis:
1. Ziyadah bi harfin (tambahan 1 huruf)
2. Ziyadah bi harfain (tambahan 2 huruf)
3. Ziyadah bi tsalatsati ahrufin (tambahan 3 huruf)
Tidak seperti bab-bab tsulatsy mujarrod yang memiliki bentuk yang hampir sama antara per babnya, tsulatsy mazid memiliki wazan yang jauh berbeda untuk setiap babnya, untuk tsulatsy mujarrod. Namun berikut ini kami lampirkan wazan-wazan tsulatsy mazid agar lebih mudah untuk dihafal dan difahami.
Contoh perubahan beberapa fi’il dari bentuk tsulatsy mujarrod ke tsulatsy mazid :

 Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid

Tidak semua fi’il tsulatsy mujarrad serta merta dapat dirubah ke bentuk tsulatsy mazid dengan mengikuti wazan tsulatsy mazid. Karena perubahan ini bersifat sima'iy, yaitu berdasarkan penggunaan oleh bangsa Arab. Dengan kata lain, tidak semua kata yang memiliki bentuk tsulatsy mazid memiliki bentuk tsulatsy mujarrad dan sebaliknya. Contoh diatas kata علم mempunyai 2 bentuk fi’il mazid sedangkan kata  سلم memiliki lebih banyak bentuk tsulatsi mazid.
Ada 12 wazan yang masuk bab tsulatsy mazid. Namun hanya 8 wazan yang paling sering digunakan dalam kalimat sehari-hari. Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi orang-orang yang baru belajar ilmu sharaf. Di lain sisi, 8 wazan ini dirasa cukup untuk menggambarkan wazan tsulatsy mazid. 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Download Makalah Shorof Tentang Fi'il-fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Mazid"

Posting Komentar