Beranda · Pendidikan · RPP · Pengetahuan Agama · Lainnya

Silabus Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap

Silabus Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap- Perlu diketahui bahwa kerangka dasar Kurikulum 2013 yaitu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar menjadi rambu-rambu dan acuan dalam menyusun Silabus dan RPP. Dalam menyusun format urutan Kompetensi dasar (KD), materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya.

Pada artikel yang telah lalu, Belajarmenjara sudah mengipdate RPP SMA berkarakter. sekarang ini saya akan mencoba mengupload tentang silabus dari RRP yang telah dipublish lebih dulu. selamat membaca semoga bermanfaat bagi ibu dan bapak guru.

Silabus Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap

Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Silabus Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP dan Silabus secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Berikut links download contoh-contoh Silabus Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap :

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Bahasa Indonesia [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Bahasa Inggris [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Biologi [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Ekonomi [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Fisika [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Geografi [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Kimia [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Matematika [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII PAI [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII PJOK [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII PKN [Download]

Silabus dan Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII SBK [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Sejarah [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Sosiologi [Download]

Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII TIK [Download]

Silabus Kurikulum 2013 memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Di dalam RPP secara rinci harus memuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.

Semoga dengan adanya RPP dan Silabus berkarakter jenjang SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 ini bisa membantu dalam penyusunan RPP menurut sub tema yang ada dalam materi yang akan diajarkan.

Artikel keren lainnya:

DOWNLOAD RPP BERKARATER KURIKULUM 2013 SMA KELAS X, XI, XII SEMESTER 1 DAN 2 LENGKAP DAN MUDAH

DOWNLOAD RPP BERKARAKTER KURIKULUM 2013 SMA KELAS X, XI, XII SEMESTER 1 LENGKAP DAN MUDAH- Pengertian RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar
DOWNLOAD RPP BERKARATER KURIKULUM 2013 SMA KELAS X, XI, XII SEMESTER 1 DAN 2 LENGKAP DAN MUDAH

Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

DOWNLOAD RPP BERKARATER KURIKULUM 2013 SMA KELAS X, XI, XII SEMESTER 1 DAN 2 LENGKAP DAN MUDAH

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Berikut links download contoh-contoh RPP Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap :
RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Bahasa Indonesia [Download] 

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Bahasa Inggris [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Biologi [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Ekonomi [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Fisika [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Geografi [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Kimia [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Matematika [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII PAI [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII PJOK [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII PKN [Download]

RPP dan Silabus Berkarakter SMA kelas X, XI, XII SBK [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Sejarah [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII Sosiologi [Download]

RPP Berkarakter SMA kelas X, XI, XII TIK [Download]

RPP Kurikulum 2013 memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Di dalam RPP secara rinci harus memuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.

Semoga dengan adanya RPP berkarakter jenjang SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 ini bisa membantu dalam penyusunan RPP menurut sub tema yang ada dalam materi yang akan diajarkan.

Mudah-mudahan RPP Berkarakter Kurikulum 2013 jenjang SMA Kelas X, XI, XII Semester I dan 2 Mudah dan lengkap: dapat bermanfaat.

Artikel keren lainnya:

DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP

DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP- Sistematika Penulisan PTK-Penelitian Tindakan Kelas

HAKIKAT PTK
Penelitian tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTK merupakan studi sistematis yang dilakukan oleh guru dalam upaya memperbaiki praktik praktik dalam pend

DOWNLOAD PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP
idikan dengan melakukan tindakan praktis serta refleksi dari tindakan tersebut.

PTK tersebut dilakukan oleh guru yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga berfokus pada proses dan hasil belajar yang terjadi di kelas. Sebagai upaya perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat tindakan nyata guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari biasa dilakukan. Guru yang profesional akan segera melakukan sesuatu tindakan bila di kelasnya terjadi persoalan atau permasalahan yang mengurangi mutu proses dan hasil pembelajaran.


RAMBU-RAMBU SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A.   Judul; singkat, spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi

B.   Kata Pengantar; berisi proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK

C.   Daftar isi

D.   Abstak; berisi uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat (lebih

       kurang 1-2 halaman, ditulis dengan spasi tunggal,

E.   Bab I Pendahuluan 
Latar belakang; berisi tentang kondisi nyata berbagai hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, upaya dan alasan pemecahan maslah, alasa mengapa maslah tersebut penting untuk dipecahkan.
Rumusan maslah; kalimat tanya yang berisi tentang: indikator masalah yang akan dipecahkan, tindakan yang akan dilakukan, dan subyek yang akan dikenai tindakan.
Tujuan: berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi tentang tujuan yang dapat diukur ketercapaiannya. 
Hipotesis: berisi dugaan sementara tentang hasil yang akan dicapai jika masalah tersebut digarap.
Manfaat: berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
F.  Bab II Kajian Teori

Berisi tentang teori yang mendasari penelitian, yakni berkaitan dengan kondisi

pembelajaran. Masalah yang akan dipecahkan, strategi yang akan digunakan, dan prestasi belajar siswa yang diidealkan. Kajian teori tersebut paling tidak dapat mengungkapkan tentang: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who(siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How (bagaimana) teori itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang dilakukan orang lain).

G. Bab III Metode Penelitian
Rancangan penelitian; berisi jenis penelitian, rancangan yang digunakan, siklus yang direncanakan, cara pengumpulan dan analisis data.
Lokasi dan waktu penelitian; berisi tentang lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutka antara waktu) 
Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuankeberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi seperti (80-100: sangat berhasil, 60-79: berhasil, 40-59: cukup berhasil, 20-39: kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil, Kalu kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan. 
Prosedur penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa: kegiatan perencanaan, kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
Instrumen yang digunakan; berisi paparan tentang alat pengumpulan data yang digunakan dan alasan penggunaannya, yang meliputi pedoman observasi, alat perekam, dll. 
Teknik pengumpulan data; berisi paparan tentang langkah-langkah dalam elaksanaan pengamatan, wawancara, pemberian evaluasi, dll.
Teknik analisis data; berisi paparan tentang proses pengolahan data, yang meliputi reduksi data, pembuatan tabel, pembuatan diagram, dll.

H. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berisi hasil pengamatan dan observer, analisis data dan refleksi dari kegiatan dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.

I.   Bab V Simpulan dan Saran

Berisi simpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian (bisa berupa rekomendasi)

Sumber : Buku Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Perlatihan dan Contoh

Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 234 halaman

Penerbit Aditama Tahun 2011

Untuk lebih lengkap dan jelasnya silahkan didownload di link berikut : 

Prosedur Pelaksanaan Penelitian [Download]

Sistematika Laporan Penelitian Tindakan [Download]

Itulah PROSEDUR PELAKSANAAN DAN SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP senoga bisa bermanfaat bagi Ibu dan bapak.

Baca juga : 



Artikel keren lainnya: