Sejarah, Pengertian, Niat, Dalil dan Hikmah Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah-
Sejarah Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah
Dalam kalender Indonesia, Hari Senin adalah tanggal 10 Dzulhijjah (Hari Raya Idul Adha) Sebelum memasuki tangggal 10 Dzulhijjah yakni tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah adalah hari yang disunahkan untuk melaksanakan puasa. Puasa arafah 9 Dzulhijjah dan puasa tarwiyah 8 Dzulhijjah. Hal ini dilakukan guna memperingati kisah ketaatan Nabiullah Ibrahim as saat ia bermimpi menyembelih anaknya Nabiullah Ismail as.
Diriwayatkan Nabi Ibrahim adalah seorang yang sangat taat kepada perintah Allah SWT. Beliau telah terbiasa melakukan ibadah dengan banyak sekali binatang kurban. Biasanya pada masa haji jaman beliau, ia rutin menyembelih 1000 ekor domba, 100 ekor sapi, dan 10 ekor unta. Kehebatan berkurbannya itulah yang mendatangkan decak kagum masyarakat kala itu. Sekali waktu terucap oleh beliau: "Kurban seperti ini adalah hal yang biasa bagiku, bila Allah perintahkan aku untuk menyembelih anakku pasti aku akan lakukan".
Suatu pernyataan kehambaan seorang nabi kepada Tuhannya, dan keikhlasannya untuk melakukan apapun demi perintah Allah.
Nabi Ismail adalah keturunan nabi Ibrahim buah cinta pernikahannya dengan Siti Hajar. Anak yang sangat rupawan dan tampan sangat dicintai oleh Ibrahim as. Suatu saat Nabi Ibrahim bermimpi ia diperintahkan untuk menyembelih Ismail kecil. Mimpi pada malam pertama tidak begitu ia hiraukan walaupun sudah mengusik hatinya. Malam kedua, ia kembali bermimpi diperintah untuk menyembelih anaknya. Kali ini ia mulai berfikir-fikir dan mengajak isteri dan anaknya untuk berbagi pendapat soal perintah Allah tersebut. Saat-saat dimana Ibrahim berpikir dalam kemelut dan kerinduan seorang nabi kepada Allah inilah yang kita peringati dalam puasa tarwiyah yang artinya berfikir-fikir. Sebuah perilaku suci, kejadian besar bagi seorang hamba mengatur, mengolah, mensinergikan cinta kepada dunia menjadi bentuk cinta kepada sang pencipta. Siti Hajar dan Ismail berkata dengan tulus ikhlas menekan segala cinta dunia, "kalau memang menyembelih Ismail adalah perintah dariNya, maka harus dilaksanakan, tanpa ragu tanpa takut"
Keesokan harinya, Nabi Ibrahim kembali bermimpi diperintah untuk menyembelih anaknya. Jelaslah sudah, yakin dengan keyakinan yang kuat bahwa mimpi itu adalah perintah dari Allah dan bukan mimpi biasa. Saat-saat dimana Ibrahim as telah mengenali dan yakin perintah menyembelih anaknya datangnya dari Allah itu hingga saat ini diperingati oleh umat muslim dengan puasa sunah arafah yang artinya mengenali. Keyakinan dan hati yang tulus ikhlas dari seorang hamba beserta keluarga atas perintah Allah adalah saat suci yang hanya bisa muncul dari rahmat dan kasih sayang Ilahi.
Saat pelaksanaan kurban tiba dan Ismail siap hendak disembelih oleh Allah digantikanlah posisi Ismail dengan seekor qibas (domba) dari surga yang sangat gemuk, sehat dan cantik. Demikian hingga sekarang berkurban menjadi ibadah paling fenomenal karena berkaitan dengan sejarah polemik batin seorang hamba Allah beserta keluarga yang sangat tulus ikhlas hatinya.
Pengertian Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah
Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu hari pada saat jama’ah haji melakukan wukuf di padang Arafah.
Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah yakni 8 Dzulhijjah, hari sebelum hari wukuf.
Niat Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah
Niat Puasa Tarwiyah
نويت صوم ترويه سنة لله تعالى
NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH
“ Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”
Niat Puasa Arafah
نويت صوم عرفة سنة لله تعالى
NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA’ALAH
“ Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”
Dalil Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah
Hadist tentang puasa Tarwiyah adalah sebagai berikut.:
(12087 -) صوم يوم التروية كفارة سنة ، وصوم يوم عرفة كفارة سنتين.
(أبو الشيخ في الثواب وابن النجار عن ابن عباس).
Artinya: Puasa hari Tarwiyah menghapuskan dosa setahun, puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun.
Hadist tersebut tercantum dalam kitab Kanzul Ummal, Jami’ Imam Suyuthi, diriwayatkan Ibnu Hibban dalam kitab Al-Tsawab. Para ulama mengatakan bahwa hadist tersebut dlaif. Sebagian ulama mengatakan ini hadist marfu’.
Hadist yang lain juga :
وَعَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ { نَهَى عَنْ صَوْمِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ وَيَوْمِ عَرَفَةَ وَيَوْمِ النَّحْرِ وَأَيَّامِ التَّشْرِيقِ }
Artinya: Rasulullah saw melarang puasa di hari Tarwiyah, Arafah, Hari Penyembelihan dan hari Tasyriq”.
Namun para ulama mengatakan bahwa hadist ini berlaku bagi yang melaksanakan ibadah haji.
Beberapa kitab fiqh dari berbagai mazhab menyebutkan disunnahkan puasa sunnah pada hari Tarwiyah. Hadist riwayat Ibnu Abbas ra berikut adalah dalil terkuat yang dijadikan landasan disunnahkannya puasa hari Tarwiyah.
“ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله، من هذه الأيام العشر” رواه البخاري.
Artinya: Tidak ada hari yang di dalamnya amal soleh lebih dicintai Allah kecuali pada sepuluh hari ini (maksudnya 10 hari bulan Dzul Hijjah). HR Bukhari.
Hadist lain:
وعن حفصة قالت: أربع لم يكن يدعهن رسول الله صلى الله عليه وسلم: صيام عاشوراء، والعشر، وثلاث أيام من كل شهر، والركعتين قبل الغداة رواه أحمد والنسائي.
Artinya: Dari Hafsah ra : ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah saw, yaitu puasa bulan hari Asyura (10 Muharram), (amal soleh) 10 hari pertama Dzul Hijjah, tiga hari setiap bulan dan dua rakaat sebelum pagi” h.r. Ahmad dan Nasai.
Berdasarkan hadist tersebut, cukup kuat pendapat ulama yang mengatakan bahwa disunnahkan puasa pada hari Tarwiyah.
Pendapat yang mengatakan bahwa puasa Tarwiyah disunnahkan karena termasuk amal saleh yang dianjurkan pada 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah. Sedangkan pendapat yang mengatakan bahwa tidak disunnahkan secara khusus puasa pada hari Tarwiyah karena melihat hadist di atas yang dlaif atau lemah. Ini juga terkembali pada masalah perbedaan pendapat mengenai apakah hukum menggunakan hadist dlaif.
Sebaiknya pengikut kedua pendapat tersebut saling menghargai karena masing-masing mempunyai landasan dalil yang diyakini.
Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ
“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)
Imam Nawawi berkata, “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi’ secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.”
Adapun orang yang berhaji tidak disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah.
عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ
“Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi SAW. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Bukhari Muslim).
عَنْ مَيْمُونَةَ – رضى الله عنها – أَنَّ النَّاسَ شَكُّوا فِى صِيَامِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – يَوْمَ عَرَفَةَ ، فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِحِلاَبٍ وَهْوَ وَاقِفٌ فِى الْمَوْقِفِ ، فَشَرِبَ مِنْهُ ، وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ
“Dari Maimunah RA, ia berkata bahwa orang-orang saling berdebat apakah Nabi SAW berpuasa pada hari Arafah. Lalu Maimunah mengirimkan pada beliau satu wadah (berisi susu) dan beliau dalam keadaan berdiri (wukuf), lantas beliau minum dan orang-orang pun menyaksikannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Hikmah Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah
PUASA ARAFAH adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni tanggal 9 Dzulhijah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Adapun teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa-puasa lainnya.
Keutamaan puasa Arafah ini seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda :
صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية
Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim)
Sementara puasa Tarwiyah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. Dikatakan hadits ini dloif (kurang kuat riwayatnya) namun para 'ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dloif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan dalam kerangka fadla'ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.
Lagi pula hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Abnu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:
ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء
Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid). (HR Bukhari)
Puasa Arafah dan tarwiyah sangat dianjurkan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jema'ah haji sedang menjalankan ibadah di tanah suci.
Adapun keutamaan puasa sunah Tarwiyah (8 Dzulhijjah) dan Arofah (9 Dzulhijjah) bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji berdasarkan beberapa hadist Nabi adalah:
1. Barang siapa yang menjalankan Puasa Tarwiyah akan dihapus dosa satu tahun silam yang telah terlewati.
2. Sedangkan yang berpuasa di hari arofah akan dihapus dosa dua tahun (1 tahun lalu dan 1 tahun yang akan datang)
3. Dan yang melaksanakan dua puasa ini akan dianugrahi oleh Allah SWT dengan 10 macam kemuliaan, yaitu:
a. Allah akan memberi keberkahan pada umumnya.
b. Allah akan menambah harta.
c. Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya.
d. Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu.
e. Allah akan melipatgandakan amal dan ibadahnya.
f. Allah akan memudahkan kematiannya.
g. Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah.
h. Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar.
i. Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia ini.
j. Allah akan menaikkan martabatnya di sisi Allah SWT.
Alangkah banyak keberkahan dan kebahagiaan yang Allah berikan bagi orang yang menjalankan puasa Tarwiyah dan Arofah. Semoga kita termasuk di dalamnya. Amin.
Belum ada tanggapan untuk "Sejarah, Pengertian, Niat, Dalil dan Hikmah Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijah"
Posting Komentar